Minggu, 26 Agustus 2012

tugas TIK - Etika Berinternet

Nampaknya kini internet sudah menjadi bagian dari hampir seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Banyak orang terhubung melalui internet. Internet memudahkan kita untuk dapat melakukan berbagi macam hal, misalnya dalam berkomunikasi, bersosialisasi, menambah wawasan, dan masih banyak lagi.

Namun, seringkali kita lupa akan cara menggunakan internet dengan baik dan benar. Atau yang lebih parah lagi, kita tidak tahu sama sekali cara berinternet dengan etika yang baik dan benar itu.  Nah, berikut ini adalah beberapa etika berinternet atau yang biasa di kenal sebagai “netiquette”

1. Amankan diri, dengan cara memproteksi pc dan perangkat internet lainnya dengan firewall dan antivirus agar tidak terjadi hal2 yang tidak di inginkan
2.  Jangan asal menge-klik url, dan pastikan bahwa url yang akan di tuju merupakan url yang tidak berbahaya, mengandung virus, pornografi dan sebagainya
3.  Hargai pengguna internet lain
4. Gunakanlah kaedah bahasa yang formal
5.  Tidak menggunakan internet sebagai tempat untuk melakukan kejahatan
6.  Jangan flaming (memanas-manasi) trolling (keluar dari topic pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna saat berforum)
7.  Gunakanlah singkatan yang sudah lazim dalam dunia percakapan virtual, seperti btw, u, dsbe

source : http://dershevaa.blogspot.com/2011/10/etika-berinternet.htmle'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar